orangutans

Bungan si Banyak Makan

Hujan deras pada Minggu pagi yang lalu menahan tim PRM dari Kamp Nles Mamse untuk memulai pengamatan sejak pagi hari. Butuh beberapa saat sampai hujan mereda, dan ketika akhirnya hujan reda, tim segera bertolak ke transek Simpang Tawon untuk mencari orangutan Ung.

Setelah berjalan sepanjang transek selama satu jam, masih belum ada sinyal atau tanda dari Ung. Tim pun melanjutkan pencarian melintasi rawa, ketika mereka melihat gerakan tiba-tiba di pepohonan. Melihat siluet orangutan yang mendekat, tim dengan cepat memeriksa sinyal, namun tidak menemukan apa-apa. Dedaunan membuka dan memperlihatkan sosok Bungan, yang dilepasliarkan bulan Desember 2015 lalu. Ini mungkin sebabnya ia tidak memancarkan sinyal, karena baterai pemancarnya sudah tidak aktif. Bungan pindah dari pohon ke pohon untuk menjelajahi hutan, saat tim mengamatinya dari bawah.

Bungan duduk di pohon

Bungan terus mencari makan dan makan, tidak memedulikan kehadiran tim PRM. Dia turun untuk memetik dan memakan tunas: Ini jelas hanya makanan pembuka, karena Bungan segera kembali naik ke pepohonan untuk makanan hutan lainnya yaitu   buah Anthocepalus, shorea, daun ficus muda, dan buah ficus. Bungan makan sambil bersantai di sebatang cabang pohon besar, dan bisa memetik lebih banyak buah di dekatnya tanpa perlu bangun. Alangkah nyamannya!

 

Bungan turun untuk memetik dan memakan tunas

Setelah dua jam ‘pengamatan kuliner’ tersebut, tim kami mencoba kembali untuk menemukan sinyal Ung, namun kami masih belum dapat mendeteksinya dalam beberapa kali percobaan. Tim PRM pun memutuskan kembali ke kamp untuk kembali mencari Ung keesokan harinya.

Setiap hari adalah petualangan baru, meskipun tim tidak menemukan Ung pada hari itu, mereka merasa senang melihat Bungan dalam kondisi sehat dan nafsu makan yang sangat baik!

Teks oleh: Tim PRM di Camp Nles Mamse, Hutan Kehje Sewen

Kamu bisa mendukung tim kami dan kegiatan pemantauannya. DONASI SEKARANG ke BOS Foundation!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *